#3 Cara Optimasi Backlink Yang Handal Bagi Pemula


Cara Optimasi Backlink - Kali ini saya akan membagikan tutorial Mencari Backlink yang aman untuk Optimasi Blog anda.

Apa sih Backlink Itu ? 
Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan connect , back artinya kembali atau tautan balik dan interface berarti alamat sebuah situs. Jadi backlink adalah sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik. Sebagai contoh : connect blog si "panjol" terdapat di blog si "gogon" dan begitu juga sebaliknya dan akan saling terhubung satu sama lain.

Apa Sih Pengaruh Backlink Itu ?
Pengaruh Backlink sangat banyak untuk Optimasi Blog anda, Contoh : Meningkatkan SERP Google, Postingan Anda Akan cepat Terindeks oleh mesin pencari, Postingan mudah untuk Page One ( Tergantung Sasaran Keyword ) .

Yok Langsung saja Ke Intinya, Udah Paham kan ? Kalau Udah Paham Yok...

1. Bookmark Sosial
Cara Pertama ini Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini. Social bookmarking adalah sebuah situs yang memberi pelayanan di mana Anda dapat menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs favorit Anda. Anda dapat membagikan tautan artikel ke dalam situs tersebut. Karena artikel Anda akan dilihat orang, maka Anda juga mendapatkan reward trafik dari sana!

Belakangan, fungsi sosial bookmarking hampir berpindah karena banyak blogger/website admin yang memanfaatkan sosial bookmarking untuk keperluan situsnya karena dapat meningkatkan trafik, backlink, dan dapat membuat situs menjadi lebih mudah dicerna mesin pencari.

Beberapa rekomendasi social bookmarking dofollow yang memiliki PR tinggi:

  • - Digg.com. 
  • - Reddit.com. 
  • - DetikIndo.com. 
  • - www.LintasBlog.com. 
  • - Dofollow.web.id. 
  • - Tumblr.com. 
  • - Dan lain-lain.
2. Komentar Di Blog Orang

Cara Ke - 2 Ini Merupakan Komentar URL blog kita ke situs web dofollow dapat membantu peningkatan jumlah backlink. Walau efeknya kurang memang, tapi lumayan jika kita rutin. Ingat, komentar hanya di situs web yang benar-benar berkualitas. Untuk mengetahui kualitas situs web, Anda bisa lihat faktor utama backlink berkualitas di atas. 

Cara komentar? <a href="http://www.yudablogging.my.id/" target="_blank">YudaBlogging</a> Komenlah di blog orang-orang bule atau orang indonesia. Lakukan ini dengan rutin dan lihat perkembangan situs Anda. ( Tambahkan Kata-Kata Pemanis ) .

3. Blog Zombie
Cara Ke - 3 Ini merupakan salah satu teknik external link establishment favorit saya, ya, menggunakan blog motor web 2.0. Web 2.0 adalah mesin blog yang populer dengan menggunakan xhtml, html, ataupun PHP, tapi yang withering sering biasanya dengan html. Contohnya seperti Blogger, WordPress, Joomla, dan lain sebagainya. Nah, blog seperti ini bisa kita manfaatkan untuk memperoleh backlink berkualitas. 

Ada dua cara untuk poin nomor 11, pertama menggunakan blog zombie, yang kedua menggunakan area yang memiliki kata kunci khusus. Kalau begitu mari kita langsung menuju cara pertama. 

a. Menggunakan blog zombie 

Beberapa diantara Anda mungkin terdengar asing dengan istilah blog zombie. Apa itu sebenarnya? Blog zombie adalah blog yang dahulu dibangun oleh pemiliknya namun hilang atau dihapus dikemudian hari karena beberapa alasan, seperti di-banned oleh pihak Google, melanggar aturan, ataupun dihapus atas keinginan pemiliknya. Blog yang telah mati tersebut masih meninggalkan prestasi berupa DA, Dad, PR, dan tentunya backlink yang tinggi, namun itu hanya blog zombie yang berkualitas saja. 

Sebagai contoh, Anda membangun blog menggunakan blogspot dengan space; http://contoh-saja.blogspot.com. Blog yang Anda bangun sudah berumur dua tahun, dan telah Anda optimasi Website design enhancement nya serta diberi backlink. Namun suatu saat Anda ditendang atau di-banned dari supplier (Blogger) sehingga mengakibatkan blog Anda terhapus. Akan tetapi, walau blognya hilang, Page Power, Space Power, PageRank serta backlink Anda tidak akan hilang. Nah, situasi ini dapat kita manfaatkan. 

Tapi bagaimana menemukan blog zombie itu? 

Caranya gampang-gampang sulit. Karena saya tidak mau berpanjang lebar, karena untuk poin ini saja sudah lebih dari seribu kata. Jadi silakan Anda baca saja melalui artikel blog lain. Rekomendasi saya melalui artikel Mas Sugeng Blog; Cara Mencari Blog Zombie Dengan Mudah. 

Setelah tahu cara mencari blog zombie, cara memanfaatkannya tentunya dengan memasang backlink ke cash webpage atau situs utama. Saran saya jangan taruh di landing page, tanamlah di internal page atau artikel blog, tentunya Anda harus memosting beberapa artikel terlebih dahulu pada blog zombie tersebut. Meski ada pendapat yang mengatakan bahwa control di landing page lebih kuat dibanding inward, menurut saya itu salah, sebab backlinknya play on words akan beriorientasi ke seluruh halaman nantinya. 

b. Space dengan kata kunci khusus 

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya menyediakan konten yang mau di-backlink, bisa berupa landing page (bila memang memiliki kata kunci yang sesuai) ataupun internal page. 

Setelah itu Anda harus membuat akun baru Google, lalu sign-in ke Blogger. Buatlah blog baru dengan space yang diiringi kata kunci tertentu, seperti 'caramembuatbacklink.blogspot.com', "tutorialhijab.blogspot.com" sesuai dengan kata kunci yang ada pada cash website. 

Mulailah memposting satu-dua artikel yang relevan lalu menautkan tautan ke situs web utama Anda. Lakukan hal ini terus menerus setiap kali membuat artikel baru. 

Tetaplah memposting di blog sham/level 1, jangan setelah ditanamkan backlink malah Anda diamkan saja. Negligible sampai sudah ada sepuluh artikel maka blog sham tersebut bisa Anda lepas.

Demikianlah Tutorial #3 Cara Optimasi Backlink Yang Handal Bagi Pemula Semoga Bermanfaat Bagi Anda Semua, Mohon Maaf apabila ada Kata-kata yang Kurang Berkenan Bagi Anda.

26 comments

  1. Wah bagus ini untuk pemula seperti saya gan. Dari dahulu memang backlink itu dampaknya bagi situs luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bos, Backlink dampaknya bagi situs sangat berpengaruh sekali.

      Delete
  2. saya mah suka pake tools masalah backlink hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah makasih infonya min, sekarang udah tau cara optimasi backlinknya

    ReplyDelete
  4. Kalau backlink mending dari akun google+ aja :D, biar rating sekalian naik dimata google :*

    ReplyDelete
  5. Makasih banget, artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Tapi untuk komentar di blog saya rasa kurang bagus deh buat backlink dan bisa dianggap spam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Max 3 Kali sehari aja mas. jangan Berlebihan, hehehe

      Delete
  7. thx gan, ilmunya bisa membantu, bisa menambah pengetahuan juga, izin coba

    ReplyDelete
  8. yang sulit bagaimana menemukan blog zombi saya sudah lama namun tidak dapet2 heheh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, begitulah berburu blog zombie sangat susah hahaha.

      Delete
  9. Masih agak bingung nih sama backlink hehe.. tapi thanks infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Mas Yang bingung dimananya mas, hehehe

      Delete
  10. makasih mas infonya yang sangat memabantu

    ReplyDelete
  11. trimakasih gan saya jadi lebih paham nih maslah backlink eheh

    ReplyDelete
  12. thanks for info
    mampir sini bavetline88.com banyak diskon menarik

    ReplyDelete